May 4, 2012

Tulisan Galau

Tags

Entah beberapa tahun yang lalu, saya menemukan ungkapan ini dari sebuah buku yang saya baca. (Judul dan pengarangnya, lupa.. ):

Meski seandainya segala sesuatunya GRATIS, orang tetap lebih suka mempunyai uang
Kalau menilik dari kata terakhir dari ungkapan itu, yaitu "uang", sepertinya buku ini salah satu seri Rich Dad karya Robert T. Kiyosaki.

Saya tidak ingin menyaingi sang Maestro Robert T. Kiyosaki, karena saya merasa tidak cukup memiliki kapasitas yang tepat untuk mengkritisi, mengulas, atau menjabarkan masalah uang. Apalagi saya juga tidak memiliki banyak uang untuk mengajari orang lain tentang uang.

Dalam game Cash Flow E-Games, ada  istilah RAT RACE - kondisi dimana kita berlomba antara pemenuhan kebutuhan yang terus meningkat dengan keterbatasan uang. Anda yang terbiasa memainkannya, pasti mengerti maksud dari Rat Race ini. Nah, menghadapi kondisi seperti inilah yang tidak bisa dihadapi semua orang. Dan inilah pesan yang tersirat dari permainan ini.

Para motivator enterpreneur akan menyarankan untuk lebih kreatif dalam mengelola uang. Saya sepakat dengan kata kreatif tersebut. Dalam hal apapun diperlukan kreatifitas untuk membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Namun, ketika dewi fortuna sedang tidak berpihak.. usaha kreatif seperti apapun yang diperjuangkan menjadi gagal. Sementara kebutuhan tidak bisa berkompromi dengan kegagalan tersebut. Dan kegagalan akan memperdalam jurang keterpurukan kita.

Para pejuang motivator akan berkata " Kegagalan adalah awal dari kesuksesan, hanya orang-orang yang tidur yang tidak pernah gagal." Bijak nian petuah ini. Dan kita harus membayar untuk mendengar petuah-petuah bijak sang motivator ini.

Pernah mengalami seperti itu? Semoga kita semua tidak mengalaminya. Akan tetapi jika saat ini anda mengalaminya.. saya hanya bisa menyarankan agar anda tetap berpikir jernih, tenang, dan jadilah pengamat yang baik. Amati semua yang ada di sekitar anda.. mungkin ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Dan menjadilah kreatif. Dan anda tidak perlu membayar petuah saya ini, anda membaca sampai bagian ini saja sudah cukup bagi saya. Apalagi ditambah komentar pada ruang di bawah ini.

Dan saya berhasil menulis postingan ini dalam kengawuran... hehehehehe..

Keep Blogging :)





Bagikan/Simpan/Bookmarks


Artikel Terkait