June 12, 2010

The A-Team : The Movie

Tags

Buat yang pernah menikmati jaya-jayanya TVRI, pasti tahu dan menyukai serial tv ini yang pernah diputar TVRI di awal tahun 80an. Yah, serial The A-Team bercerita tentang Kapten Hannibal yang cerdik, Faceman yang flamboyan, B.A yang kreatif dan kuat, dan Murdock yang setengah gila namun jago mengendarai berbagai jenis pesawat. Mereka bergabung menjadi tentara bayaran untuk menyelesaikan kasus-kasus kliennya yang tak pernah bisa diselesaikan melalui jalur formal. Serial ini juga pernah di tayangkan RCTI pada awal-awal berdirinya RCTI pada tahun 90an. Serial ini cukup sukses dalam penayangan ulangnya. Setelah 30 tahun berlalu, rupanya sineas amrik tertarik membuatnya dalam versi layar lebar. Dengan poster yang sederhana, anda tidak akan tahu bahwa film ini adalah film Full Action, jika anda tidak pernah mengenal The A-Team.

Kisah versi layar lebar ini merupakan kisah awal terbentuknya The A-Team. Dikisahkan Kapten Hannibal yang bermaksud menyelamatkan anak buahnya Kolonel Faceman dari sergapan pemberontak Meksiko, terpaksa membajak BA yang tengah menikmati Van barunya. Usaha meloloskan Faceman berlangsung seru, hingga mereka terjebak di sebuah rumah sakit jiwa. Beruntung ada kolonel Murdock yang merupakan salah satu pasien gila yang terobsesi jadi dokter.

BA yang terluka, dijahit menggunakan benang biasa dengan model jahitan Petir… itulah awal permusuhan BA dan Murdock. Dalam kondisi terjebak, mereka berusaha meloloskan diri menggunakan helikopter rumah sakit dengan pilot gila, Murdock. Saking gilanya, BA yang telah berpengalaman 295 kali terjun payung mendadak pingsan mengetahui kegilaan Murdock dalam mengendarai Heli. Inilah cikal bakal kenapa BA pobia pada pesawat terbang.

Kisah berlanjut pada misi penyelamatan cetak biru uang dollar yang berhasil diselundupkan teroris Irak di Baghdad. Kapten Hannibal beserta tim andalannya yang tergabung dalam Pasukan Ranger unit Alpha membuat perencanaan strategis penyelamatan cetak biru tersebut atas instruksi Jendral Morrison. Aksi-aksi mendebarkan dalam misinya berhasil membawa cetak biru itu, namun rupanya mereka dijebak oleh oknum CIA. Jendral Morrison yang menugaskan Hannibal terbunuh. Sehingga tidak ada saksi dan bukti atas misi rahasia tersebut. Kapten Hannibal, Faceman, BA, dan Murdock dipecat secara tidak hormat dari kesatuannya, dan dipenjara terpisah dari rekan timnya dalam penjara Maximum Security.

Enam bulan kemudian, dengan cara yang cerdik kapten Hannibal berhasil kabur dari penjara dan berkumpul kembali dengan timnya. Kali ini missinya adalah pemulihan nama baik dan merebut kembali cetak biru uang Dollar Amerika. Berhasilkah? (Namanya jagoan, pasti berhasil.)

Film berdurasi 100 menit ini dipenuhi aksi-aksi menegangkan sejak awal hingga akhir. Dibalik aksi itu, banyak bertebaran kejadian lucu permusuhan BA dan Murdock. Sehingga andapun tak hanya tegang menyaksikan tegangnya aksi yang disajikan, namun anda juga akan terpingkal-pingkal melihat BA yang pobia terbang. Karena pobianya, dia terpaksa diakali masuk peti kemas dan selanjutnya diangkat terbang menggunakan pesawat. Ketika sadar bahwa petikemasnya terbang, dia marah-marah sendiri dan akhirnya pingsan.

Atau, ketika Murdock berhasil menyuntikkan obat bius pada BA, namun obat biusnya hanya bertahan sebentar karena salah teknik menyuntik. Akibatnya, saat seru-serunya terbang dan dikejar pesawat musuh, BA sadar dan masih sempat-sempatnya bertengkar habis-habisan dengan Murdock yang lagi nyetir pesawat.

Aksi baru yang belum pernah ada di film lain adalah ketika upaya penyelamatan diri dari pesawat menggunakan Tank dengan 4 parasut. Wih... keren abis...! Lihat bagaimana kegilaan dan kecerdikan Murdock mengendarai Tank di udara, sementara rudal pesawat musuh terus memberondong dan memburunya.

Pokoknya, rugi deh kalo kalian gak nonton film ini. Selain aksinya yang seru, humor yang disajikan cukup membuat perut penonton terkocok habis. Gak percaya? Silahkan tonton di 21 terdekat!

Pemain :
  • Liam Neeson
  • Bradley Cooper
  • Quinton Jackson
  • Sharlto Copley
  • Jessica Biel
  • Patrick Wilson
  • Brian Bloom
Sutradara :
  • Joe Carnahan
Penulis :
  • Joe Carnahan
  • Brian Bloom
  • Skip Woods

Artikel Terkait