December 15, 2008

Aplikasi Portable

Tags

Beberapa waktu yang lalu ada temanku datang ke rumah. Setelah beberapa lama ngobrol, dia cerita tentang aplikasi portabel. Aplikasi portabel sudah lama aku mendengarnya. Sering aku dapatkan di PC MILD dalam beberapa terbitan. Tapi yang bawa temanku ini adalah program pembuat Aplikasi Portabel. Program ini bernama Thinstall. Anda dapat mendownload versi trialnya di http://www.thinstall.com/sales/trialeval.php untuk penggunaan selama 30 hari. (Sssst.. Versi portabelnya ada juga lho… yang pasti sudah tidak trial lagi… Mau? )

Aplikasi portabel adalah aplikasi yang tidak perlu diinstal, cukup di copy atau langsung dijalankan di Flashdisk. Aplikasi ini sangat berguna sekali ketika kita sering pindah-pindah komputer, sementara komputer lain tidak memiliki aplikasi yang biasa kita digunakan.




Akhirnya aku mencoba mencari tahu bagaimana cara membuat aplikasi portabel ini. Aku googling, dan aku dapatkan tutorialnya di http://isparmo.web.id . Setelah kucoba tipsnya, dan berhasil dengan sukses.

Ada beberapa tips tambahan untuk melengkapi tutorial tersebut, yaiut :
1. Jalankan Thinstall dalam sistem operasi Windows yang masih baru (fresh instal).
2. Jangan ganti lokasi Capture Install ke folder lain sebelum aplikasi portabel berhasil dibuat. Biarkan lokasi capture di lokasi default program thinstall. Hal ini menyebabkan register serial atau register lainnya tidak dapat diekskusi dengan program ini.

Hampir semua program atau aplikasi yang jalan di Windows XP bisa dijadikan portabel dengan program Thinstall ini. Sekarang anda tidak perlu lagi bolak balik menginstall program yang biasa anda gunakan, jadikan semuanya portabel. Cukup dalam satu flashdisk. Mau? Aku tunggu kontaknya.

Bagaimana dengan Windows? Bisakah dijadikan portabel? Tunggu postingan selanjutnya.. 

Artikel Terkait