July 4, 2010

La Mare Ngakan ?

(Sudahkah Anda Makan ?)


“La Mare Ngakan?” sebuah pertanyaan dalam bahasa Madura, artinya adalah “sudahkah Anda Makan?” Pertanyaan yang mungkin terlihat biasa ketika ditanyakan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Atau mungkin terlihat wajar ketika ditanyakan oleh seorang relasi kepada rekan bisnisnya, tentu tujuannya adalah untuk menanyakan apakah penerima pertanyaan benar-benar sudah makan atau belum.

Bagi masyarakat Madura, bila pertanyaan ini ditanyakan kepada seorang tamu yang berkunjung, maka itu berarti sebuah ajakan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat. Dan, jika tamu tersebut menyambutnya, hal itu merupakan sebuah penghormatan tertinggi bagi tuan rumah. Namun, jika tamu tersebut menolak, jangan harap tuan rumah itu akan menawari anda lagi untuk makan ketika anda berkunjung ke rumahnya. Penolakan itu berarti sebuah penolakan hubungan kekerabatan…

Dalam berbagai kondisi, pertanyaan “sudah makan?” yang diajukan oleh kerabat, sahabat, atau orang dekat, akan berarti pertanyaan “apakah anda baik-baik saja?”. Biasanya pertanyaan jenis ini diajukan dalam kondisi jarak jauh, misalnya melalui telpon, atau surat dan si penerima pertanyaan dalam keadaan menghadapi sebuah permasalahan.

Jika jawabannya “iya” artinya anda dalam keadaan baik-baik saja. Sebab, jika anda masih bisa makan, artinya anda masih bisa mengingat kewajiban anda untuk melanjutkan kewajiban sejarah, apapun permasalahan yang sedang anda.

Pertanyaan ini sejatinya adalah pertanyaan untuk mengalihkan perhatian dari sebuah permasalahan yang sedang dihadapi oleh penerima pertanyaan. Selain itu, pertanyaan ini juga mengandung makna sebuah perhatian yang mendalam pada hubungan yang terjalin dalam keakraban yang lama serta tekun.

Sudahkah Anda Makan?






Bagikan/Simpan/Bookmarks

Artikel Terkait