August 7, 2009

Non Aktifkan Nada Panggil

Tags

Apakah anda pengguna layanan Nada Panggil Operator Sellular seperti Ring Back Tone (RBT), NSP (Nada Sambung Pribadi) dan sejenisnya?


Yah, layanan ini telah berhasil mengembalikan semangat para musisi untuk terus berkarya. Sebelum adanya layanan ini, para musisi di negeri ini sepertinya enggan membuat karya karena maraknya bajakan. Tetapi, dengan adanya layanan Nada Panggil yang berupa Lagu, semangat mereka kembali bangkit karena layanan ini berhasil menghasilkan pundi-pundi emas bagi para musisi. Sebagai contoh, Mbah Surip yang kini telah tiada berhasil meninggalkan warisan bermilyar-milyar bagi anak keturunannya.

Rata-rata harga layanan nada sapa ini adalah Rp. 5.000,- /bulan/lagu. Jika di rata-rata setiap hari hanya Rp. 167,-/hari/lagu. Jumlah ini sangat kecil , akan tetapi jika ada 1 juta orang yang berlangganan nada panggil ini, maka sehari = Rp. 167.000.000,-/lagu. Sungguh sebuah angka yang sangat besar untuk terus diperjuangkan oleh semua operator telekomunikasi selular.

Padahal, banyak para pengguna Nada Panggil ini merasa di tipu oleh operator. Selain nada yang terdengar sangat tidak bagus kualitasnya, dengan menggunakan layanan ini, maka pihak operator akan memotong pulsa anda sebesar harga yang telah ditentukan. Jika masa langganan telah habis, secara otomatis operator akan memotong pulsa anda.


Masalahnya timbul ketika anda ingin berhenti berlangganan. Hampir semua iklan layanan ini (baik selebaran, panflet, website, iklan media elektronik/cetak) tidak menyertakan informasi cara menonaktifkan, bahkan ada salah satu operator yang sama sekali tidak menyediakan informasi cara menonaktifkan nada panggil di semua layananannya termasuk Customer Service.

Anda terpaksa harus merelakan pulsa anda habis untuk sesuatu yang sebenarnya tidak anda inginkan. Bagi saya, ini adalah bentuk perampokan baru di era millennium. Seharusnya ada upaya dari pihak terkait dan LSM untuk melindungi konsumen dari penjarahan massal oleh para operator telekomunikasi sellular.

Namun, jika anda sudah terlanjur menggunakan layanan nada panggil ini dan ingin berhenti berlangganan, berikut caranya :

Cara Pertama I :

Sisakan pulsa anda di bawah Rp. 5.000,- atau jangan isi pulsa anda ketika masa aktif Nada sapa anda akan habis hingga 1 minggu melewati masa aktif Nada Panggil. Maka, otomatis layanan nada panggil tersebut dihentikan. Tips ini berlaku untuk pelanggan Pra Bayar.

Cara Kedua :

Untuk cara yang kedua ini berlaku untuk pelanggan Pra Bayar maupun Pasca Bayar.

  1. Telkomsel (SIMPATI, HALO, AS, Flexi) : Ketik UNSUB atau UNREG atau RING [spasi] OFF kirim ke 1212
  2. XL : Ketik UNSUB kirim 1818
  3. Indosat (STARONE, MENTARI, IM3) : Ketik UNREG kirim ke 808
  4. Esia : Ketik RING [spasi] UNSUB kirim ke 888

Katakan SELAMAT TINGGAL untuk Nada Panggil… jika anda tidak ingin pulsa anda habis hanya untuk sesuatu yang sebenarnya tidak penting.


Artikel Terkait