September 25, 2009

Upin dan Ipin

Tags



Upin & Ipin selama bulan ramadhan kemarin ditayangkan di salah satu stasiun TV nasional kita. Meski cuma beberapa episode, daripada gak ada sama sekali sudah cukup memperkenalkan Upin & Ipin.

Sebenarnya aku sudah lama banget sudah mengenal Upin & Ipin melalui Youtube.. Saat itu aku download dan aku koleksi dalam sebuah CD, rencananya buat anak-anak di rumah.. biar tidak terkontaminasi oleh budaya Spongebob, Shincan, Doraemon dan Dora.

Tapi, apa yang kudapat?


Saat aku putar di depan anak-anakku, mereka gak suka.. karena gak ada di TV. Kecewa juga sih.. tapi mau bagaimana lagi.

Beruntung TPI menyiarkan Upin & Ipin selama Ramadhan kemarin. Akhirnya anak-anakku kenal yang namanya Upin dan Ipin.. juga Ehsan.. Mei-mei.. Kak Ros.. dll. Dan kemarin saat jalan-jalan di barisan penjual DVD dipinggir jalan.. mereka melihat Upin dan Ipin.. dan minta dibelikan ... akhirnya mereka suka juga..

Kartun 3D buatan Malaysia ini memang beda banget dengan Kartun buatan Jepang apalagi Amrik.. tema hampir sama dengan Dora.. cuma pendekatannya lebih membumi.. lebih Indonesiawi..(atau tepatnya Malaysiawi..hehehe...).

Dari setting lokasi, tokoh, dan tema cerita..menurutku bagus banget.. sangat mendidik untuk anak-anak. Sayangnya bahasa Malaysia.. Kenapa gak di dubbing ke bahasa Indonesia aja yah..? Atau TPI (Indonesia) masih malu mengakui keunggulan Malaysia dalam hal Film Kartun ditengah carut marutnya ketegangan Indonesia - Malaysia?

Inilah bedanya Malaysia dengan Kita... Mereka sudah sadar akan pentingnya pendidikan budaya bagi anak-anak.. makanya mereka membuat cerita Upin dan Ipin.. Agar suatu saat jika budaya mereka ada yang mengklaim .. Generasi selanjutnya bisa membelanya..

Kalau kita? Saat tari Pendet dijadikan iklan Pariwisata oleh Malaysia, yang protes cuma aktivis doang.. Remaja kita kemana? bahkan, Tari Pendet aja gak tau asalnya dari mana... sungguh ironis..

Memang, ada beberapa tayangan untuk anak Made in Indonesia.. kayak si Bolang, Jalan Sesama, Laptop Si Unyil.. but, meski mendidik tetapi tidak komersil.. selain jam tayangnya pas jam tidur siang anak-anak... sungguh sebuah usaha yang menurutku sedikit mubazir.. gak tepat sasaran.

Ditengah maraknya kartun Dewasa yang justru di konsumsi oleh anak-anak, Upin & Ipin sedikit memberi pencerahan pendidikan bagi anak-anak bangsa ini. Bagaimana Indonesia? Ayo bangkitlah.. para animator 3D Indonesia.. buktikan Kalian bisa ..

Betul betul betul....!



Bagikan/Simpan/Bookmarks




Artikel Terkait