June 21, 2010

Partisi Flash Disk

Sejak pertama kali kemunculannya, UFD (USB Flash Disk) telah menjadi media penyimpanan paling populer dibanding media penyimpanan yang lain. Selain bentuknya yang kecil, kapasitasnya semakin hari semakin besar. Bahkan sekarang, sudah ada UFD yang berukuran hingga 500 GB.

Dengan ukuran yang besar, seringkali kita kesulitan untuk memanage UFD, karena semua file tersimpan dalam satu partisi. Bisakah UFD atau Flash Disk di Partisi?

Setelah sedikit berkeliling dan bertanya ke Mbah Google, akhirnya dapat juga informasi bagaimana cara mempartisi Flash Disk/UFD. Ternyata masalahnya ada pada pengenalan komputer kita kepada UFD sebagai Media Removable. Jika kita bisa mengubah identitas UFD kita sebagai Fixed Disk, maka kita bisa mempartisi UFD kita.

Untuk mengubah identitas UFD kita sebagai Fixed Disk yang diperlukan adalah software Bootit Tool. Software ini bersifat portabel, jadi tidak perlu diinstal. Cara penggunaan dan programnya bisa anda download disini.

Namun, tidak semua merk Flash Disk bisa diubah. Dari 3 Flash Disk, saya menemukan 1 kegagalan, yaitu untuk Flash Disk merk A-Data 4 Giba. Sementara Flash Disk merk Vandisk dan Kingston ukuran 4 GB 100% berhasil.

PERINGATAN
Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa tidak ada jaminan bahwa tool yang dipergunakan dalam panduan ini dapat bekerja baik pada semua flashdisk dan justru mungkin menyebabkan flashdisk rusak. Tidak ada garansi samasekali, pergunakan dengan hati-hati dengan resiko Anda tanggung sendiri. Saya sarankan Anda untuk mem-backup semua data sebelum memulai proses berikut ini


DOWNLOAD






Bagikan/Simpan/Bookmarks

Artikel Terkait